29 September 2013

W0SM








Lambang   World Organization Of The Scout Movement (WOSM)adalah lambang yang digunakan pada setiap organisasi kepanduan atau kepramukaan di setiap negara. berdiri tahun 1920 berkantor pusat di Jenewa Swiss. Lambang ini memang agak mirip dengan lambang kerajaan Prancis dahulu kala fleur de lis (bunga lili, terjemahan Inggris) atau bunga bakung di Indonesia yang berarti kesempurnaan, cahaya dan kehidupan tetapi mempunyai arti yang berbeda dalam pandangan Lord Baden Powell, selain itu lambangnya juga dimodifikasi dan disempurnakan sehingga sesuai dengan diadakannya kegiatan pandu. Kepanduan putra Indonesia bergabung tahun 1953 dan Putri tahun 1998 yang sebelumnya sejak tanggal 27 Juli 1987 bergabung dengan WAGGS
BP pernah menerima sepucuk surat kawat. Di dalamnya disebut, bahwa lencana kepanduan itu adalah "mata tombak perlambang perang dan pertumpahan darah."

Kawat itu segera dibalas oleh BP. "Lencana Kepanduan itu adalah bunga bakung, perlambang PERDAMAIAN dan KESUCIAN."

Adapun pada zaman dulu, bunga itu dipakai perlambang kerajaan oleh raja Karel dari Napels. Seorang pelaut bernama Flavio Gioja telah memperbaiki teknik pedoman sehingga benda itu menjadi satu alat yang dapat dipakai di laut untuk kapal-kapal. untuk menghormat rajanya maka huruf T (Tramontana = utara) oleh gioja dipakai bersama-sama dengan leli perlambang rajanya itu. Sejak itulah, arah Utara dalam peta dan pedoman diberi tanda leli.

Yang menrik perhatian BP ialah bahwa mata pedoman itu selalu menunjuj lurus ke atas, tidak ke kiri dan tidak ke kanan. Ketiga mata leli itu mengingatkan janji pandu yang tiga pasal. Di bawah leli pandu terdapat semboyan Be Prepared (perhatikan huruf pertamanya.) Jika dilihat baik-baik maka di bawah bergantung seutas tali yang bersimpul, yang memperingatkan kepada setiap pandu untuk berjasa setiap hari.

Dikutip dengan disadur seperlunya dari "Riwayat BP" (1953) karangan Goemilar.

 Arti Kiasan :
  •   Kompas, melambangkan suatu peringatan bagi pramuka agar selalu berbuat kebenaran dan dapat dipercaya sesuai fungsi kompas, tetap menjaga cita – citanya dan perannya sebagai penunjuk jalan. bagian atas menunjukan arah utara.
  •   Tiga ujung symbol, melambangkan tiga janji pandu .
               Saya berjanji akan bersungguh-sungguh :
           1. Menetapi kewajibanku terhadap TUHAN dan TANAH AIR
           2. Menolong sesama hidup bila dapat
           3. Menetapi Sifat-sifat Pan
  • Dua bintang, melambangkan pramuka berupaya untuk dapat memberi penerangan dan menolong dalam kebenaran dan pengetahuan.
  • Tali melingkar yang ujungnya membentuk simpul mati,melambangkan bahwa sesama pramuka mengadakan hubungan persahabatan dan persaudaraan antar pramuka di seluruh dunia.
  • Warna :
·        *  Putih melambangkan bahwa pramuka berhati suci.
·               *  Warna dasar ungu melambangkan bahwa pramuka memiliki keterampilan, kepemimpinan dan suka menolong orang lain.

LOMBA MADRASAH SESUMBAR TAHUN 2012